9 Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat

Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat – Bagi wanita hamil yang untuk pertama kalinya, biasanya mereka masih banyak mengalami kebingungan mengenai apa saja yang harus mereka lakukan selama kehamilan, bingung mengenai berbagai tanda dan gejala kehamilan termasuk juga mereka merasa was-was dan takut seiring dengan semakin dekatnya waktu melahirkan.

Ada satu hal yang harus anda ketahui sebagai wanita yang baru pertama kali hamil, anda mungkin sering menonton film-film atau sinetron yang mengisahkan seorang wanita hamil merasakan kontraksi dan kemudian melahirkan dalam waktu yang sangat singkat dan secara tiba-tiba. Dalam dunia nyata hal tersebut mungkin terjadi pada satu dari seribu wanita. Itu artinya bahwa, sebenarnya, setiap wanita hamil yang akan melahirkan, mereka akan terlebih dahulu merasakan beberapa gejala atau tanda-tanda seperti kontraksi yang terus-menerus selama kurang lebih 8 jam bahkan ada yang bertahan hingga 24 jam atau lebih dari itu. Sehingga, anda tidak perlu khawatir untuk bisa sampai di rumah sakit tepat waktu. Sekalipun jika rumah anda cukup jauh.

Dengan cara ini, kemungkinan besar anda akan menjadi lebih tenang saat menemukan dirinya mengalami Kontraksi Selama Kehamilan pertama yang berkaitan dengan persalinan.

Baca Juga : Pentingnya Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil

Selain itu, anda juga harus tahu bahwa ada beberapa jenis kontraksi yang biasa dialami selama kehamilan terutama pada trisemester ketiga. Salah satunya adalah kontraksi palsu yang biasanya terjadi tidak beraturan dan bisa menghilang hanya dalam waktu beberapa saat.

Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat yang Perlu Diketahui

Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat

Kontraksi Pada Ibu Hamil

Tanda-Tanda Akan Melahirkan

Pada tahap pertama, kontraksi biasanya akan berlangsung antara 30 hingga 60 detik dengan interval antara 5 sampai 20 menit. Walau demikian, setiap wanita akan mengalami kontraksi yang bervariasi dengan durasi dan waktu yang berbeda-beda. Kontraksi tersebut akan anda alami secara kontinyu dan semakin intens dari waktu ke waktu.
Selama kontraksi berlangsung, nyeri persalinan akan mulai terasa di serviks. Serviks akan membuka dari posisi 0 hingga 10 cm dan kemudian sepenuhnya melebar selama masa transisi.

Berikut adalah tanda-tanda bahwa waktu melahirkan sudah dekat yang harus anda ketahui.

1. Keluar Lendir Dari Vagina
Pada saat anda mendekati tanggal persalinan, salah satu ciri-ciri yang bisa anda kenali dengan mudah adalah meningkatnya cairan vagina. Ini adalah tanda pertama dari persalinan yang sudah dekat. Ketika anda menemukan hal tersebut, anda harus bersiap-siap.

2. Nyeri Perut Atau Perut Terasa Mulas
Beberapa wanita yang hamil untuk pertama kalinya akan merasakan sakit terus-menerus pada bagian punggung terutama dibagian bawah. Ini merupakan tanda yang normal terjadi ketika waktu melahirkan sudah dekat biasanya dokter akan menyarankan obat paracetamol dengan dosis rendah untuk mengatasinya.

3. Kram Pada Perut
Pada saat akan melahirkan, wanita juga bisa merasakan kram pada perut seperti kram saat haid. Rasa nyeri tersebut bisa anda kurangi dengan mandi air hangat. Namun ingat, anda tidak dianjurkan untuk mandi air panas terlalu sering selama kehamilan karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

4. Keluar Air Ketuban
Tanda selanjutnya bahwa kelahiran sudah dekat adalah apabila cairan ketuban mulai bocor. Ini juga merupakan tanda yang paling umum dialami oleh wanita hamil apabila akan melahirkan.

5. Nyeri Semakin Sering Dengan Durasi Waktu Yang Lama
Apabila anda menderita sakit perut yang tidak tertahankan seperti mulas, juga merupakan tanda bahwa waktu persalinan sudah dekat. Perut menjadi sakit disebabkan karena prostaglandin yang merangsang perut untuk membuka lebih sering.

6. Mual Dan Muntah
Beberapa wanita akan mengalami muntah saat mendekati persalinan. Hal tersebut dikatakan wajar apabila wanita hamil tersebut memiliki masalah nausea. Muntah sebagai tanda persalinan bisa disebabkan karena kombinasi rasa takut, cemas dan karena adanya pengaruh hormon kegembiraan.

7. Kontraksi Terus-menerus
Tanda selanjutnya yang paling umum dan paling sering dirasakan oleh wanita adalah kontraksi. Kontraksi selama berjam-jam adalah tanda dimulainya momen persalinan.

8. Suhu Tubuh Meningkat
Beberapa wanita yang lainnya bisa mengalami demam atau menggigil dan gemetaran saat proses persalinan sudah mulai dekat. Ini adalah tanda lain yang harus anda waspadai.

9. Rasa Lapar
Tanda waktu melahirkan sudah dekat yang lainnya adalah, apabila ibu hamil mengidam-idamkan makanan tertentu dalam intensitas yang ekstrim. Ini merupakan kejadian tidak biasa yang menandakan bahwa persalinan anda hanya tinggal menunggu wak tu saja.

Baca Juga : Dampak Perokok Pasif Bagi Janin Ibu Hamil

Demikian penjelasan Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat yang harus diketahui oleh ibu hamil dan suami siaga agar sang ibu dan bayi dapat mendapatkan pertolongan segera. Semoga bermanfaat dan terima kasih.