Teknik Menyusui Bayi Yang Benar

Teknik Menyusui Bayi – Menyusui adalah suatu proses yang akan dialami setiap wanita setelah melahirkan. Banyak ibu-ibu muda atau ibu baru yang masih bingung bagaimana teknik menyusui yang benar. Kadang dalam proses ini tidak jarang ibu muda mengalami stres karena pada awalnya payudara akan mengalami nyeri akibat produksi asi yang perlahan nyeri akan hilang setelah keluarnya ASI, dan kadang-kadang ada juga yang bermasalah dengan putting misalnya putting tidak keluar atau masuk kedalam. Ada juga ibu-ibu yang tidak mau menyusui bayinya dan lebih memilih susu formula dibandingkan ASI dengan alasan payudaranya akan kendur setelah menyusui nantinya. Bunda dirumah perlu tahu makanan terbaik untuk bayi adalah ASI baik ASI ekslusif maupun ASI perah.

Baca Juga : Cara Memberi Bakan Pada Bayi Berdasarkan Umur

Teknik Menyusui Bayi Yang Baik Dan Benar

teknik menyusui bayi

Teknik Menyusui Bayi Yang Benar

Menyusui secara langsung atau secara ekslusif lebih baik dari pada memberikan ASI perah. Karena ASI yang diberikan secara eklusif dapat mempererat hubungan emosional antara bayi dan ibu, steril dan suhu atau kehangatannya pas untuk lambung bayi. Mungkin banyak ibu-ibu dirumah yang sudah memiliki anak lebih dari satu pasti memiliki banyak pengalaman menyusui. Proses menyususi dapat dilakukan dengan dua posisi yaitu:

1. Posisi Duduk
Posisi ini dilakukan dengan duduk tegap dengan mendekap bayi. Anda dapat menggunakan bantal untuk menyangga tangan anda saat menyusui. Hal yang perlu diperhatikan adalah saat mendekap bayi posisi bayi dan ibu berhadapan, perut bayi menempel dengan perut ibu, posisi tangan kita menyokong kepala dan punggung bayi.

2. Posisi Berbaring
Posisi ini lebih nyaman karena sang ibu dan anak dalam posisi berbaring. Hal ini dapat dilakukan saat bayi atau ibu sedang lelah atau letih. Posisi sang ibu dan bayi miring saling berhadapan ,sokong kepala ibu dengan lengan sementara lengan atas menyokong kepala bayi.
Perlu di perhatikan untuk bayi prematur atau bayi yang mempunyai riwayat penyakit saluran pernafasan tidak dianjurkan posisi berbaring karena dikhawatirkan bayi tersedak.

Manfaat dari menyusui yang benar adalah :
– Supaya putting tidak nyeri atau lecet,
– Bayi merasa nyaman dalam dekapan ibu
-Perlekatan antara mulut bayi dan putting sempurna sehinnga ASI dapat keluar secara maksimal dan bayi cepat kenyang
-Bayi tidak mengalami kembung
-Bayi tidak rewel

Berikut adalah Teknik Menyusui BayI yang benar:
1. Siapkan air hangat , air biasa (air masak) atau baby oil, bantal dan kapas atau kasa steril
2. Atur pencahayaan dan suhu ruangan senyaman mungkin
3. Cuci tangan dengan air mengalir lalu keringkan
4. Minumlah segelas air hangat
5. Bersihkan putting payudara dengan kasa agar putting bersih dari kotoran atau ASI yang mengering. Bagi yang puttingnya masuk tarik-tarik putting agar menonjol sehinnga memudahkan bayi menyusu.
6. Atur posisi yang nyaman. Posisi ibu berbaring atau duduk dengan rileks.
7. Gendong atau dekap bayi dengan satu tangan kiri atau kanan dengan posisi kepala berada di lekukan siku dan punggung serta bokong di lengan bawah.
8. Posisikan bayi menempel dengan ibu (perut bayi menempel diperut ibu) arahkan satu tangan bayi ke belakang seperti memeluk sang ibu sementara yang satu ke arah depan perut ibu.hidung bayi sejajar dengan putting ,telinga dan lengan bayi berada diposisi sama lurus.
9. Apabila menyusui pada payudara kiri maka pegang payudara kanan dengan tangan kanan, begitupula sebaliknya. Posisi ibu jari berada diatas putting sementara keempat jari lainnya berada di bawah putting. Hal ini berguna agar posisi putting tepat sehinnga ASI keluar lancar
10. Dekatkan putting susu atau tepelkan di pipi atau bibir bayi agar bayi membuka mulut kemudian masukan putting kedalam mulut bayi. Perlekatan yang baik adalah bayi menyusu sampai kedaerah sebagian sekitar putting atau areola dan bagian dagu bayi menempel di aerola bawah. Hal ini mengurangi terjadinya masuknya udara yang dapat menyebabkan bayi kembung.perhatikan pula agar hidung tidak tertutup payudara.
11. Setelah 15 menit atau sekiranya payudara kosong pindah ke payudara yang lain dengan cara masukan jari kelingking disusut mulut bayi untuk melepas putting. Kemudian susui di payudara yang lain.
12. Ciri-ciri bayi kenyang yaitu hisapan mulai melemah kadang bayi melepaskan hisapannya.
13. Kemudian sendawakan bayi dengan cara angkat bayi kemudian tempelkan pada pundak ibu kemudian tepuk perlahan-lahan. Setelah beberapa menit bayi dapat dibaringkan ditempat tidur.
14. Cuci tangan dengan air mengalir.

Baca Juga : Cara Memijat Bayi Dengan Baik Dan Benar

Demikian Teknik Menyusui Bayi Dengan Baik Dan Benar semoga dapat menjadi referensi bagi bunda yang bingung bagaimana posisi yang benar untuk menyusui bayi agar keyang maksimal. Bunda juga dapat melihat artikel lain yang berhubungan dengan Bayi Dan Bunda.