Tips Ibu Hamil Melahirkan Dengan Selamat

Tips Ibu Hamil Melahirkan – Melahirkan menjadi proses yang membahagiakan bagi seorang wanita. tidak sedikit yang berbicara bahwa belum lengkap menjadi wanita bila belum merasakan hamil dan melahirkan karena itu sudah menjadi kodratnya.

Oleh karena itu, banyak pasangan muda yang setelah menikah segera merencanakan untuk tidak menunda lagi proses kehamilan bagi sang istri. Baik pria maupun wanita melakukan hal yang terbaik dengan tujuan utama agar pihak istri bisa cepat hamil.

Untuk mewujudkan semua itu tentu, tidak semua pasangan bisa langsung mendapatkan keturunan setelah menikah. Ada yang cepat bisa hamil tetapi ada juga yang harus menunggu cukup lama. Apapun yang terjadi, tetaplah Tuhan yang menentukan setiap anugrah yang akan diberikan kepada setiap pasangan.

Proses Kehamilan Yang Cukup Lama

Setelah pembuahan di dalam rahim, seorang wanita normal akan mengalami kehamilan dengan waktu sekitar 9 bulan 10 hari. Waktu tersebut sebagai patokan yang diberikan oleh dokter atau praktisi kesehatan yang kompeten di bidang ini.

Oleh karena itu, waktu yang dibutuhkan untuk ibu hamil melahirkan dapat lebih cepat atau lebih lama, tergantung dari kondisi sang wanita tersebut. Jika waktunya lebih cepat maka disebut lahir prematur, yaitu sekitar 7 – 8 bulan saja. Secara medis, janin di dalam kandungan belum sempurna 100%, sehingga harus ditangani lebih berhati-hati. Misalnya, cara melahirkannya dengan sesar atau dikeluarkan melalui perut wanita yang hamil tersebut.

Jika masa kehamilan terlalu lama, tentu juga perlu penanganan khusus bagi ibu hamil melahirkan. Pasalnya, janin di dalam perut wanita hamil yang seharusnya sudah dilahirkan ternyata masih bertahan di dalam karena kondisi sang wanita tersebut yang tidak memungkinkan Melahirkan Secara Normal. Biasanya pihak dokter memberikan pemacu atau perangsang agar bagian rahim dan vagina wanita bisa lebih lentur untuk bisa melahirkan secara normal. Jika tidak bisa, terpaksa memakai cara sesar yang sekarang sudah umum dipraktikkan oleh wanita hami yang akan melahirkan.

Baca Juga : Diet Sehat Untuk Ibu Hamil

Apapun kondisi dan cara yang dilakukan, dua nyawa manusia yaitu ibu hamil bersama bayi yang baru saja dilahirkannya harus diselamatkan. Oleh karena itu, penanganan yang tepat sasaran dan lebih dini memang harus dilakukan.

Tips Ibu Hamil Melahirkan Dengan Benar

Tips Ibu Hamil Melahirkan

proses melahirkan – pixabay.com

Semua tanda kehamilah hingga proses melahirkan perlu diketahui oleh wanita hamil beserta pasangannya. Dengan begitu, pasangan tersebut bisa pro aktif untuk menangani proses kehamilan hingga melahirkan dengan lancar.

Tips Ibu Hamil Melahirkan Dengan Selamat Antara Lain :

1. Berdoa
Berdoa merupakan langkah paling awal yang harus kita lakukan. Dengan meminta kepada Sang Pencipta agar diberikan kemudahan niscaya semua akan mudah dilalui. Yakin dan percayalah bahwa selalu ada pertolongan dan perlindungan dari Allah.

2. Manajemen Nyeri
Lakukan tehnik relaksasi nafas dalam saat nyeri datang. Caranya Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung kemudian hembuskan lewat mulut.

3. Jangan Panik
Kondisikan fikiran kita dalam keadaan rileks dan berpikir positif. Hal ini akan membantu mengurangi tenaga terbuang sia-sia.

4. Dukungan Suami Dan Keluarga
Dukungan dari pasangan atau keluarga terdekat dapat membantu sang ibu mendapatkan semangat dan kekuatan dalam proses melahirkan.

5. Makan Dan Minum
Makan dan minum harus tetap dilakukan agar sang ibu tetap bertenaga dan sebagai persiapan energi pada saat mengejan.

6. Jalan – Jalan Kecil
Apabila Masih memungkinkan gunakan waktu untuk jalan-jalan kecil. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembukaan dan mempercepat proses kehamilan.

7. Stimulus Puting Ibu
Memberikan stimulus pada puting ibu dapat dilakukan oleh suami. Hal ini bertujuan agar rahim berkontraksi dan mempercepat proses kelahiran.

8. Mengejan Dengan Baik
Perhatikan arahan tenaga medis yang membantu anda, lakukan dengan baik cara mengejan dengan baik agar dapat melahirkan dengan lancar.

Baca Juga : 9 Tanda Waktu Melahirkan Sudah Dekat

Ibu Dan Bayi Sehat Serta Selamat

Sangat didambakan jika proses melahirkan yang melelahkan dan memakan waktu diakhiri dengan tangis kebahagiaan. Tangisan dari sang ibu yang baru melahirkan dikarenakan mendengar buah hatinya yang juga menangis karena baru saja dilahirkan ke dunia. Dengan kata lain, keduanya sehat dan selamat saat proses melahirkan berlangsung. Itulah kedua kebahagiaan yang yang tidak terkira nilainya dapat dirasakan oleh ibu hamil melahirkan.

Demikian penjelasan mengenai Tips Ibu Hamil Melahirkan. Semoga penjelasan diatas mampu memberikan pengetahuan serta manfaat yang berguna bagi anda. Proses melahirkan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup seorang wanita. Oleh karena itu harus semangat dan optimis untuk dapat melakukannya dengan baik. Terima kasih.