Tips Mengajari Balita Menguyah Makanan Sejak Dini

Tips Mengajari Balita Menguyah Makanan – Tidak sedikit anak yang mengalami masalah dalam mengunyah makanan. Aneka dampak bisa terjadi bila dibiarkan jangka panjang, yaitu anak terancam kekurangan gizi. karena yang menyuapi tidak sabar dan menyudahi acara makan sementara makanannya belum habis. Kemungkinan lain karena balita kita tidak mampu mengunyah makanannya, maka makanan baru bisa diselesaikan dalam waktu yang sangat lama sehingga jadwal makan berikutnya menjadi mundur atau tidak dilakukan. Hal ini tentunya menyebabkan asupan porsi makanan per hari menjadi berkurang. Bila tidak diatasi, anak bisa-bisa akan bergizi buruk.

Baca Juga : Cara Memberi Makan Pada Bayi Berdasarkan Umur

Dalam Tips Mengajari Balita Menguyah Makanan Sebagai orang tua kita harus melakukan observasi lebih lanjut, apakah si kecil memang ‘malas mengunyah’ atau ‘tidak bisa mengunyah’. Secara umum, kita semua tahu kalau anak usia 1 tahun ke atas sudah bisa diperkenalkan dengan makanan keluarga. Jadi sudah pasti balita akan mulai ‘berkenalan’ dengan makanan bertekstur tidak lembut dan bervariasi.

Untuk itu keterampilan mengunyah sudah dimiliki oleh anak usia segini. Mungkin belum tahap ‘jago mengunyah’ tapi sudah kenal tahap ‘menguyah walau belum efektif’ yang nantinya akan semakin pintar menguyah seiring usianya bertambah. Bahkan fase ‘sudah tumbuh gigi atau belum’ tidak lagi jadi kendala untuk anak bisa mengunyah.

Tips Mengajari Balita Menguyah Makanan Dengan Cepat

tips mengajari balita menguyah makanan

Penyebab Balita Tidak Mau Menguyah Makanan

Jika ternyata balita kita malas mengunyah karena hal-hal tertentu, lakukan observasi lebih lanjut, bisa jadi si kecil malas mengunyah karena beberapa faktor berikut:

– Terlalu Asyik Dengan Mainan Atau Aktivitasnya, Sampai Lupa Mengunyah.
Mungkin orang tua bisa mencoba dengan aktivitas makan tidak dibarengi dengan dia main aktivitas favoritnya dulu sambil amati apa ada perubahan dalam mengunyah makanannya atau tidak.

– Tanda Protes Karena Kenyang/Bosan Dengan Makanannya.
Jika hasil observasi orang tua menunjukkan faktor ini penyebab balitanya tidak mau menyunyah makanan, mungkin bisa atur waktu makan dan porsi yang tepat makanan yang disajikan bagi balitanya. Tidak perlu menunggu sampai habis atau berjam-jam. Stop dulu kegiatan makan dan tawarkan beberapa saat kemudian, supaya anak tidak jenuh dan bosan dengan makanan tersebut.

– Trauma Karena ‘Dipaksa’ Makan’
Terkadang hal ini menjadi tanda ‘protes’ balita. Mungkin si kecil sudah tidak mau lagi makan makanan yang disajikan, akhirnya tidak mengunyah makanan tersebut adalah caranya dia untuk menghentikan suapan makanan ke mulutnya. Menghadapi hal ini, orang tua harus ‘konsolidasi’ dulu dengan balita, sampai balita kembali kembali ke tahap waktu makan adalah waktu yang menyenangkan.

– Belum Pernah Diberi Praktek Langsung Cara Mengunyah
Jika memang balita belum pernah diberi praktek cara mengunyah bersama dengan orang tua, maka inilah saatnya orang tua makan bersama anak, pilih menu yang crunchy dan praktekkan di depan si kecil bagaimana cara mengunyah yang baik. Bunyi ‘kriuk’ dan mimik wajah orang tua yang ‘mengundang’ mungkin akan membuat balita tertarik juga merasakan sensasi yang sama.

Baca Juga : Tahap Tahap Perkembangan Kepandaian Pada Bayi

Demikianlah ulasan kita kali ini ,mengenai Tips Mengajari Balita Meguyah Makanan Sejak Dini. Dari hasil observasi yang dilakukan orang tua, bisa ditemukan trik lain lain agar balita mau mengunyah sesuai tipikal anak. Ingatlah bahwa Balita sangat cepat dalam belajar dan amat pandai dalam meniru. Semoga Ulasan kita kali ini bisa memberikan informasi dan menambah wawasan kita para orang tua. Semoga bermanfaat, terimakasih.