Tips Menjaga Kesehatan Bayi Umur 4 Bulan

Tips Menjaga Kesehatan Bayi Umur 4 Bulan – Tips sehat untuk anak umur 4 bulan akan sangat membantu pasangan muda terutama ibu yang baru pertama kali memiliki buah hati. Diketahui usia anak menjelang satu tahun memang rawan sakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum berkembang dengan sempurna. Namun jangan kuatir jika orang tua bisa menyikapi hal penting untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, niscaya kesehatannya akan selalu terjaga baik.

Hal-hal Luar Biasa Bayi Berumur 4 Bulan

Baca Juga : Kiat Penting Dalam Menyusui Sang Bayi

Umumnya tahapan otak emas yang akan dialami bayi umur 4 bulan adalah :

1. Anak belajar tengkurap.
2. Anak mencoba bergulingTertarik pada obyek yang ditemukan dan dimasukkan ke dalam mulut.
3. Suka menarik-narik rambut.
4. Berceloteh riang suka.
5. Menggigit benda-benda yang dianggap menarik.
6. Dengan sengaja menjatuhkan barang-barang.
7. Menangis keras sebagai reaksi jika merasa kesepian atau ditinggalkan sendiri.
8. Menyukai benda-benda yang mengilap atau berkilau.

Tips Menjaga Kesehatan Bayi Umur 4 Bulan Secara Benar

Tips Menjaga Kesehatan Bayi Umur 4 bulan

Bayi Sehat

Gangguan Yang Dialami Pada Bayi Usia 4 Bulan

Mengingat kebiasaannya yang suka memasukkan benda sebagai ajang keingin tahuan tentang pemahaman suatu benda, atau merasa gemas dan menggigit apa saja yang bisa masuk ke mulut membuat si kecil rentan akan penyakit seperti :

• Kemungkinan anak bisa terserang gangguan pencernaan seperti diare dsb.
• Mengalami demam ringan.
• Mudah terkena gejala flu seperti batuk dan pilek.
• Mengalami suatu infeksi.

Baca Juga : Tips Merawat Gigi Balita

Kiat Mencegah Sakit Pada Anak Kecil

Orang tua yang bijak akan selalu waspada dan bijak untuk selalu mengawasi perkembangan dan kesehatan buah hati termasuk dalam kebiasaan si kecil dalam aktifitasnya sehari-hari. Untuk itu tidak ada salahnya lebih memberikan ruang dan kenyamanan si kecil untuk mengekspresikan diri.

Berikut ini Tips Menjaga Kesehatan Bayi Umur 4 Bulan antara lain sebagai berikut :

• Senantiasa Memberikan kecukupan Gizi Dan Makanan Sehat

Pada umumnya semua orang tua akan bahagia melihat anak-anaknya tumbuh sehat dan berkembang cerdas dari waktu ke waktu. Karena itu selalu perhatikan asupan gizi makanan yang baik dan seimbang. Makanan sangat berpengaruh penting bagi perkembangan untuk buah hati. Sebaiknya bayi berumur 0-6 bulan cukup diberikan ASI ekslusif saja. Setelah 6 bulan ke atas bayi dapat diberikan makanan pendaming lainnya.

• Sediakan Waktu Luang Untuk Bermain Bersama

Jangan sampai terlena akan kesibukan sehingga kurang menjalin interaksi emosional beama si kecil. Pastikan anak selalu merasa bahagia bersama orang yang dicintai.

• Jaga Kebersihan Peralatan Bermain

Usahakan untuk membersihkan rutin mainan si kecil baik sebelum dan sesudah dipakai bermain. Kebanyakan penyakit yang dialami pada bayi bersumber pada mainan yang terkontaminasi kuman lalu masuk ke dalam mulut sang bayi.

• Memeriksakan Kesehatan Secara Rutin

Lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan untuk si kecil.

• Melengkapi Imunisasi

Tidak ada salahnya melengkapi imunisasi wajib untuk sang buah hati demi menjaga kesehatannya. 5 imunisasi dasar lengkap sangat berperan penting dalam proses tumbuh kembang sang bayi dan sebagai bekal kekebalan tubuh untuk dimasa mendatang.

Demikian Tips Menjaga Kesehatan Bayi Umur 4 Bulan. Berikan yang terbaik untuk buah hati anda demi masa depannya kelak. Semoga bisa memberikan informasi dan menambah wawasan kita para orangtua. Semoga bermanfaat, terimakasih.