Tips Menurunkan Demam Pada Anak

Tips Menurunkan Demam Pada Anak – Bunda dirumah pasti tidak asing dengan kata-kata demam atau panas. Demam adalah suatu mekanisme tubuh yang terjadi akibat adanya suatu proses infeksi. Banyak yang mengatakan bahwa panas atau demam adalah suatu penyakit. Pernyataan ini salah ! demam bukan suatu penyakit melainkan tanda dan gejala dari suatu penyakit. Misalnya radang tenggorokan yang ditandai dengan gejala demam disertai nyeri menelan. Selain itu batuk pilek juga dapat menimbulkan gejala demam akibat virus , bersin-bersin hidung tersumbat dll.

Baca Juga : Cara Mencegah Dan Mengobati Ruam Popok Pada Bayi

Demam merupakan hal yang sering dialami oleh anak-anak terutama jika daya tahan tubuh anak tidak baik. Para orang tua dirumah pasti sering panik bila anaknya demam. Demam yang terlalu tinggi dapat menyebabkan anak-anak mengalami dehidrasi dan kejang. Hal ini dapat berakibat buruk bila anak sudah mengalami dehidrasi atau kejang, anak juga bisa mengalami penurunan kesadaran. Banyak penanganan dirumah yang dapat dilakukan bunda, Berikut Tips Menurunkan Demam Pada Anak.

Tips Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami

tips menurunkan demam pada anak

Demam pada Anak

Nah , bunda dirumah untuk menambah pengetahuan bunda ada beberapa tips yang wajib bunda coba dirumah untuk mengatasi demam anak :

1. Pantau Atau Ukur Suhu Tubuh.
Anda dapat menggunakan thermometer baik yang digital maupun air raksa. Suhu demam yaitu diatas 37 derajat celcius. Dengan mengukur susu tubuh maka anda dapat mengetahui tingkat demam anak.

2. Berikan Asupan Cairan Yang Cukup
Tips Menurunkan Demam Pada Anak selanjunya yaitu saat demam tubuh akan bermetabolisme lebih tinggi dan mengeluarkan keringat yang banyak sehingga dapat menyebabkan kekurangan cairan. Jika anak masih menyusu, berikan ASI lebih sering. Bila anak sudah tidak menyusu beri minum lebih sering dan lebih banyak. Kenali tanda-tanda dehidrasi misalnya pada bayi ubun-ubun cekung, lemas, sering tertidur dan sulit dibangunkan, bibir kering, kulit kering, kencing sedikit bahkan tidak ada. Pada anak misalnya tidak mau minum, tidak keluar air mata saat menangis, lemas, mudah tertidur atau penurunan kesadaran.

3. Jangan Di Selimuti Atau Diberi Baju Tebal.
Pemakaian baju tebal dan selimut dapat mengakibatkan penguapan panas lebih cepat dan mengakibatkan demam tambah tinggi. Berikan baju yang tipis dan menyerap keringat.

4. Kompres Kengan Air Biasa Atau Air Hangat.
Jangan kompres dengan air dingin karena anak bisa menggigil. Kompres dengan alkohol sekarang ini sudah tidak dianjurkan. Kompres pada daerah dahi dan lipatan-lipatan. Misalnya di ketiak, selangkangan atau di leher. Ulangi sampai demam menurun.

5. Beri Obat Penurun Panas
Bila Perlu berikan obat penurun panas sesuai dosis. Misalnya paracetamol droop untuk anak bayi dan paracetamol sirup untuk anak dll.

6. Bawa Anak Ke fasilitas Kesehatan
Jika demam tidak kunjung turun setelah anda beri obat dll, maka anda harus segera membawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu ya bunda. Penangan yang baik dirumah dapat membatu pemulihan kesehatan anak anda dengan baik.

Tapi yang ada hal lain yang perlu bunda ketahui. Segera bawa anak anda ke fasilitas kesehatan jika:
– Demam di sertai Kejang
– Demam tidak turun dalam 2 hari
– Demam disertai bintik-bintik merah, perdarahan dihidung atau mimisan, dan atau buang air besar berwarna hitam

Baca Juga : Cara Melakukan Diet Dengan Cepat Dan Mudah

Demikian Tips Menurunkan Demam Pada Anak semoga tips di atas dapat membantu bunda jika anak terserang demam dan cara yang pertama harus di lakukan di rumah jika anak terkena demam.