Pentingnya Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil

Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil – Seorang wanita hamil sudah pasti akan mencoba memberikan yang terbaik untuk anak mereka agar anak di dalam kandungan mereka tersebut bisa tumbuh dengan sehat tanpa cacat. Dan tentu saja, nutrisi adalah salah satu yang paling dibutuhkan. Ibu hamil akan memberikan perhatian sangat besar terhadap makanan yang mereka konsumsi terutama yang menjadi sumber vitamin, mineral, protein dan lain-lain. Di samping mengkonsumsi makanan-makanan sehat, ibu hamil wajib menghindari makanan-makanan yang tidak baik selama kehamilan. Bagi mereka yang selama 9 bulan secara konsisten mengkonsumsi makanan sehat dan berusaha memberikan yang terbaik untuk bayi di dalam kandungan. Jadi, anda kemungkinan besar akan menemukan bayi yang sehat dan kuat setelah dilahirkan ke dunia ini.

Selain bersumber dari makanan, sebenarnya vitamin, protein dan lain-lain bisa juga di dapatkan dari suplemen prenatal. Suplemen prenatal atau vitamin prenatal bukan pengganti makanan akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil Dan Menyusui

Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil

Vitamin Untuk Ibu Hamil

Seberapa Pentingkah Vitamin Prenatal Untuk Ibu Hamil ?

Vitamin ini biasanya di konsumsi oleh ibu hamil sebelum melahirkan dan bisa juga dilanjutkan setelah melahirkan atau pada saat menyusui.

Vitamin prenatal sangat mirip dengan tablet vitamin biasa kecuali kandungannya yang berisi nutrisi khusus. Nutrisi tersebut memang dibutuhkan oleh wanita hamil dan anaknya sebelum lahir. Ada tetapi, banyak juga wanita yang ragu, apakah vitamin prenatal penting selama kehamilan atau tidak? Sehingga, tidak sedikit juga ibu-ibu yang tidak mengkonsumsi vitamin prenatal.

Vitamin ini apabila dikonsumsi oleh ibu hamil tentu saja akan memberikan banyak manfaat terutama bagi bayi di dalam kandungan. Akan tetapi, dalam kasus normal apabila ibu sudah mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan cukup bervariasi, kemungkinan besar kebutuhan mereka akan vitamin sudah bisa terpenuhi. Namun, beberapa wanita terkadang kesulitan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tertentu termasuk buah-buahan dan berbagai jenis sayuran karena kondisi ekonomi, karena gangguan gejala kehamilan, dan lain-lain. Bagi mereka yang bermasalah dan khawatir mengenai kondisi bayi apabila kekurangan vitamin atau gizi, mereka sebaiknya mengkonsumsi vitamin prenatal agar bayi tidak kekurangan gizi.

Baca Juga : Cara Memijat Bayi Yang Benar

Berikut adalah beberapa alasan Pentingnya Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil :

1. Memenuhi Kebutuhan Gizi Pada Bayi Di Dalam Kandungan

Setiap wanita hamil sebenarnya direkomendasikan untuk mengkonsumsi vitamin prenatal untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi bayi di dalam kandungan. Vitamin ini akan mengisi setiap celah kekurangan gizi sehingga meningkatkan kesempatan bagi anda untuk memiliki kehamilan dan bayi yang sehat.

2. Memenuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Vitamin ini memang khusus diformulasikan untuk wanita hamil sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil itu sendiri maupun bayi yang ada di dalam kandungannya.

3. Memenuhi Kebutuhan Asam Folat Dan Zat Besi

Alasan ketiga mengapa vitamin ini sangat penting dan harus dikonsumsi selama kehamilan adalah karena, nutrisi penting yang paling dibutuhkan seperti asam folat dan zat besi sudah terkandung didalamnya. Asam folat baik untuk perkembangan otak bayi dan zat besi mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil serta mencegah perdarahan pada saat melahirkan. Padahal, asam folat maupun zat besi terkadang tidak bisa dipenuhi oleh ibu hamil melalui makanannya setiap hari.

4. Memenuhi Kebutuhan Akan Protein

Alasan mengapa anda juga harus mengkonsumsi vitamin ini karena, bagi beberapa wanita yang menjadi vegetarian akan kesulitan mendapatkan beberapa penting yang berasal dari daging atau produk hewani. Oleh sebab itu, vitamin prenatal akan membantu mengatasi masalah ini.

5. Untuk Mencegah Terjadinya Intoleran Laktosa

Kebanyakan ibu hamil yang tidak biasa minum susu khusus ibu hamil banyak yang mengeluh mengenai diare setelah minum susu untuk ibu hamil. Hal ini di karenakan saluran pencernaan tidak bisa memproduksi enzim laktase dan tidak dapat menyerap laktosa pada susu tersebut sehingga, menyebabkan diare. Inilah alasan bagi wanita hamil yang tidak bisa mentoleransi laktosa, vitamin prenatal akan membantu mengatasi masalah tersebut.
Selain beberapa alasan diatas, alasan lain mengapa anda tidak boleh melewatkan vitamin ini adalah karena, apabila anda hamil anak kembar yang membutuhkan banyak nutrisi, vitamin ini akan sangat membantu karena sudah memiliki dosis yang diatur dan diformulasikan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Namun ingat, vitamin ini bukan pengganti gizi dari makanan-makanan seperti sayuran, buah-buahan dan lain-lain. Vitamin ini hanya berupa pelengkap dan berkonsultasilah dengan dokter atau bidan sebelum mengkonsumsinya.

Demikian informasi mengenai Pentingnya Vitamin Prenatal Bagi Ibu Hamil. Semoga ibu dirumah tidak malas lagi minum vitamin pada saat hamil. Semoga bermanfaat dan terimakasih.